Waktu


Indomaret targetkan 1000 gerai baru
PT Indomarco Prismatama, pemilik minimarket Indomaret menargetkan penambahan 1.000 gerai lagi pada tahun 2012. "Untuk tahun 2012 kami menargetkan kenaikan omzet sekitar 30 persen atau setara Rp. 23,3 triliun,"kata Direktur Pemasaran Indomaret Wiwiek Yusuf kepada wartawan dalam acara pemaparan Kinerja Indomaret Tahun 2011 di Penang Bistro, Jalan Kebon Sirih, Jakarta Pusat, Senin (30/1).
Sementara dari sisi omzet, usaha minimarket yang sudah diwaralabakan ini mencatat kenaikan omzet 28 persen untuk tahun buku 2011. Nilainya mencapai Rp.18 triliun. Atau naik dibandingkan omzet tahun 2010 yang besarnya 14 triliun. Terkait pertumbuhan jumlah gerai, Wiwiek Yusuf menjelaskan, pada tahun 2011 Indomaret telah sukses menambah 1.008 gerai atau naik 21 persen dibandingkan pada tahun 2010 sehingga kini menjadi 6003 unit. Tahun 2010 jumlah gerai Indomaret baru mencapai 4.559 gerai.
Dia menjelaskan bahwa peluang usaha minimarket di Indonesia masih terbuka luas. Karena itu pada akhir 2012 Indomaret menargetkan penambahan gerainya bisa mencapai angka 7.000. "Kami berharap pada akhir 2012 jumlah gerai Indomaret telah mencapai angka 7.000 gerai, "kata Wiwiek. Pada kesempatan itu Wiwiek Yusuf juga mengemukakan, hingga akhir 2011, Indomaret telah membuka 16 pusat distribusi yang berlokasi di Palembang dan Makassar.
Pada tahun 2012, jumlah pusat distribusi Indomaret akan bertambah tiga yakni di Bali, Pekanbaru dan Samarinda. Wiwiek mengemukakan pada tahun ini Indomaret akan terus mengembangkan pola usaha waralaba yang saat ini telah mencapai 36 persen dengan private label sekitar 7,5 persen. Namun untuk pengembangan waralaba ini, Indomaret belum menentukan target yang akan dicapai.
Saat ini Indomaret membanderol Franchise fee kepada terwaralaba sebesar Rp. 350 juta per unit. Investasi tersebut belum termasuk tempat. Wiwiek menyatakan jika ada pihak terwaralaba gagal mengembangkan usahanya, mereka bisa menjual kembali asetnya kepada Indomaret. " Kami juga akan terus mengembangkan diri dalam hal inovasi, pelayanan dan pengembangan produk. Ini diharapkan sekaligus menjadi hal yang membedakan kami dengan minimarket lain," katanya. (Warta Kota, 31-1-2012, wip)