SEJARAH PERKEMBANGAN PERUSAHAAN

pict-sejarah


SEJARAH PERKEMBANGAN PERUSAHAAN
Company Milestone

Berawal dari pemikiran untuk mempermudah penyediaan kebutuhan pokok sehari-hari karyawan, maka pada tahun 1988 didirikanlah sebuah gerai yang diberi nama Indomaret. Sejalan pengembangan operasional toko, perusahaan tertarik untuk lebih mendalami dan memahami berbagai kebutuhan dan perilaku konsumen dalam berbelanja. Guna mengakomodasi tujuan tersebut, beberapa orang karyawan ditugaskan untuk mengamati dan meneliti perilaku belanja masyarakat. Kesimpulan yang didapat adalah bahwa masyarakat cenderung memilih belanja di gerai modern berdasarkan alasan kelengkapan pilihan produk yang berkualitas, harga yang pasti dan bersaing, serta suasana yang nyaman.

Berbekal pengetahuan mengenai kebutuhan konsumen, keterampilan pengoperasian toko dan pergeseran perilaku belanja masyarakat ke gerai modern, maka terbit keinginan luhur untuk mengabdi lebih jauh bagi nusa dan bangsa. Niat ini diwujudkan dengan mendirikan Indomaret, de­ngan badan hukum PT. Indomarco Prismatama yang memiliki visi “menjadi jaringan ritel yang unggul” serta moto “mudah dan hemat”.

Pada mulanya Indomaret membentuk konsep penyelenggaraan gerai yang berlokasi di dekat hunian konsumen, menyediakan berbagai kebutuhan pokok maupun kebutuhan sehari-hari, melayani masyarakat umum yang bersifat majemuk, serta memiliki luas toko sekitar 200 m2.

Seiring dengan perjalanan waktu dan kebutuhan pasar, Indomaret terus menambah gerai di berbagai kawasan perumahan, perkantoran, niaga, wisata dan apartemen. Dalam hal ini terjadilah proses pembelajaran untuk pengoperasian suatu jaringan retail yang berskala besar, lengkap dengan berbagai pengalaman yang kompleks dan bervariasi.

Setelah menguasai pengetahuan dan keterampilan mengoperasikan jaringan ritel dalam skala besar, Manajemen berkomitmen untuk menjadikan Indomaret sebagai sebuah aset nasional. Hal ini tidak terlepas dari kenyataan bahwa seluruh pemikiran dan pengoperasian Perusahaan ditangani sepenuhnya oleh putra putri Indonesia. Sebagai aset nasional, Indomaret ingin berbagi kepada masyarakat Indonesia melalui bisnis waralaba dan juga mampu bersaing dalam persaingan global. Oleh karena itu, visi perusahaan kemudian berkembang “menjadi aset nasional dalam bentuk jaringan ritel waralaba yang unggul dalam persaingan global”.

Konsep bisnis waralaba Indomaret adalah yang pertama dan merupakan pelopor di bidang minimarket di Indonesia. Sambutan masyarakat ternyata sangat positif, terbukti dengan peningkatan jumlah Terwaralaba Indomaret dari waktu ke waktu. Konsep bisnis waralaba Perusahaan juga diakui oleh pemerintah melalui penghargaan yang diberikan kepada Indomaret selaku “Perusahaan Waralaba Unggul 2003”. Penghargaan semacam ini adalah yang pertama kali diberikan kepada perusahaan minimarket di Indonesia dan sampai saat ini hanya Indomaret yang menerimanya.

Saat ini Indomaret berkembang sangat pesat dengan jumlah gerai mencapai lebih dari 9.096 di wilayah Jawa, Bali, Madura, Kalimantan, Sulawesi, dan Lombok, terdiri dari 40% gerai milik terwaralaba dan 60% gerai milik Perusahaan. Sebagian besar pasokan barang dagangan untuk seluruh gerai berasal dari 21 pusat distribusi Indomaret yang menyediakan lebih dari 4.800 jenis produk.

Kini, keberadaan Indomaret makin diperkuat dengan kehadiran Indogrosir, anak perusahaan dengan konsep bisnis Pusat Perkulakan.


COMPANY MILESTONE

Originated from the idea to facilitate the provision of employees’ basic daily needs, a store, known as Indomaret, was established in 1988. As the store developed, the Company were interested to further explore and understand the consumers’ various needs and shopping behaviors. Hence, several employees were assigned to observe and examine the community’s buying behavior. It was concluded that people would rather shop in modern stores due to more choices of quality products, fixed competitive prices, as well as comfortable atmosphere.

With knowledge about consumers’ needs, store management skill, community’s shifting shopping behavior towards modern outlets, came forth the desire to further serve Indonesia nationwide. This was realized when Indomaret were registered as a legal entity, PT. Indomarco Prismatama, with a vision of “becoming an excellent retail network” and emphasizing on the “easy and economical” motto.

In the beginning, Indomaret were designed in the vicinity of consumers’ residential areas, providing a variety of basic and daily needs and serving a wide range of general public with an area of about 200 m2.

As the market continues to evolve, more outlets are established in various residential, commercial and tourism areas. This enables Indomaret to learn how to operate a larger-scale retail network and to gain a more complex experience.

With the knowledge and skills to operate a large-scale retail network, the management are committed to turn Indomaret into a national asset operated by excellent Indonesians. As national asset, we are eager to contribute to the people of Indonesia through franchise business and to compete globally. Therefore, the vision tranformed into “becoming a national asset in the form of retail franchise network that excels in global competition”.

Indomaret’s franchise is the pioneer in Indonesia. The public response was very positive, leading to an ever increasing number of Indomaret franchisees. The company also gained government recognition through the “Top Indonesian Franchise Company” award in 2003. This kind was the first ever granted to minimart companies in Indonesia and until now we are the sole recipient.
At the moment, Indomaret are growing very rapidly, with more than 9,096 outlets in Java, Bali, Madura, Kalimantan, Sulawesi, dan Lombok, consisting of 40% franchised and 60% Company-owned outlets. Most of goods supplied to all stores are distributed by 21 distribution centers that provide more than 4,800 different products.

Today, Indomaret’s position in retail market is strengthened by the presence of Indogrosir, a subsidiary focusing on wholesale business.