Waktu

CALL CENTER 1500-580 SMS 0816500580

Sarihusada dan Indomaret Luncurkan Rumah Bunda Sehat

Keberdayaan perempuan di bidang ekonomi merupakan indikator meningkatnya kesejahteraan keluarga. Dalam mendukung upaya meningkatkan keberdayaan perempuan tersebut, Sarihusada bersama Indomaret membuka Rumah Bunda Sehat untuk membantu meningkatkan derajat kesehatan dan pemberdayaan ekonomi masyarakat khususnya ibu dan perempuan.

Rumah di Jalan Mahoni Raya, Pekayon Jaya-Bekasi ini diresmikan oleh Sales Director Danone Early Life Nutrition, Michael Toh dan Marketing Communication Executive Director PT. Indomarco Prismatama, Gondo Sudjoni, Kamis (21/7). Rumah Bunda Sehat memiliki luas 70 m² ini dapat menampung hingga 60 orang.

Kurangnya akses terhadap pendidikan bagi perempuan menjadi salah satu penyebab menurunnya kondisi ibu melahirkan dan anak di Indonesia. Survei Demografi dan Kesehatan Indonesia (SDKI) tahun 2012 menunjukkan angka kematian ibu melahirkan di Indonesia masih tinggi yakni sebesar 359 per 100.000 kelahiran hidup. Data ini juga diperkuat Riset Kesehatan Dasar (Riskesdas) tahun 2013 bahwa masih tinggi kehamilan usia muda (dibawah 15 tahun), ibu yang mengalami Kurang Energi Kronis (KEK), serta anak lahir pendek.

Dewi Yuni Muliati, Sekretaris Deputi Partisipasi Masyarakat Komisi Pemberdayaan Perempuan dan Pemberdayaan Anak (KPPPA) mengungkapkan upaya kemitraan multipihak dalam pemberdayaan yang dilakukan oleh swasta, pemerintah dan masyarakat perlu terus didukung agar tercapai kualitas kehidupan masyarakat yang lebih baik, khususnya perempuan dan anak.

Program Rumah Bunda Sehat ini merupakan realisasi komitmen Sarihusada untuk terus berperan serta dalam membantu meningkatkan kualitas nutrisi ibu dan anak Indonesia. “Kami sangat berharap, kedepannya daerah sekitar dapat mereplikasi program ini sehingga pemberdayaan perempuan di Bekasi lebih meningkat dan keluarga pun menjadi lebih sejahtera.” kata Michael Toh, Sales Director Danone Early Life Nutrition.

Gondo Sudjoni, Marketing Communication Executive Director Indomaret mengatakan bangga dapat turut berperan serta dalam pemberdayaan perempuan khususnya di Bekasi ini. Program ini juga merupakan lanjutan kerja sama antara Indomaret dan Sarihusada yang sebelumnya lebih menekankan pada pendidikan anak usia dini (PAUD).



Beberapa fasilitas Rumah Bunda Sehat (searah jarum jam): Dapur, alat USG dan ruang laktasi, Taman Bacaan

Setiap konsumen berbelanja SGM Bunda 150 gram di Indomaret, mereka secara otomatis telah menyumbang setara dengan 1 gelas susu untuk pembangunan Rumah Bunda Sehat dan nutrisi untuk ibu hamil.




Posyandu untuk penyuluhan gizi balita dan ibu

Kegiatan di Rumah Bunda Sehat ini meliputi:
1.Penyuluhan gizi ibu dan anak,
2.Mengaktifkan posyandu, Rumah Bunda Sehat menjadi pusat kegiatan posyandu dan 4 posyandu disekitarnya menjadi satelit,
3.Demonstrasi pengolahan makanan sehat untuk anak dan keluarga,
4.Pendampingan kesehatan ibu selama kehamilan,
5.Pembentukan dan pembinaan kelompok “Bunda Duta Gizi Keluarga”,
6.Peningkatan keterampilan pengolahan kain perca dan keterampilan yang mendatangkan pendapatan ibu,
7.Menumbuhkan unit usaha baru yang dapat mendatangkan pendapatan keluarga,
8.Kelas parenting.




Penumbuhan unit usaha baru contohnya dengan kerajinan perca


Facebook Twitter Google Digg Reddit LinkedIn Pinterest StumbleUpon Email

Copyrights © 2014 - 2017 Indomaret. All Rights Reserved

PT. Indomarco Prismatama


Kantor Pusat:
Jl. Terusan Angkasa B2
Kav-1. Gunung Sahari,
Kemayoran.
Jakarta 10610
Telp. (021) 29559100