Waktu

CALL CENTER 1500-580 SMS 0816500580

Perubahan Anak-anak di Kabupaten Takalar dan Barru

Selama kunjungan ke sekolah-sekolah yang menjalankan program Air, Sanitasi dan Kebersihan (WASH) di Sekolah di Kabupaten Takalar dan Barru Sulawesi Selatan, Indomaret dan UNICEF  melihat perubahan sikap anak-anak akan hidup bersih. Program WASH didanai  jutaan pelanggan  Indomaret yang menyumbangkan kembalian lebih dari Rp 6,6 miliar  selama November 2013 hingga Agustus 2014, dan dana ini disalurkan melalui  UNICEF untuk membantu meningkatkan kebersihan dan sanitasi di sekolah-sekolah di Provinsi Sulawesi Selatan.

 

Program rintisan ini mencakup 120 sekolah di Kabupaten Takalar, Barru dan Luwu Utara, dan dirancang untuk meningkatkan kesadaran akan pentingnya kebersihan dasar dan sanitasi bagi kesehatan anak-anak. Kesadaran yang cukup tentang kebersihan dasar seperti mencuci tangan dengan sabun, dan kurangnya sistem sanitasi, memberi kontribusi terbesar untuk kematian anak dan kerentanan anak-anak di Indonesia terhadap penyakit. Sebanyak 190.000 anak diperkirakan meninggal setiap tahun di Indonesia dari diare dan penyakit lain, bahkan sebelum mereka dapat merayakan ulang tahun kelima. Infeksi pernafasan, yang sangat terkait dengan kebersihan tangan yang buruk, menjadi kontributor utama. Namun tindakan sederhana mencuci tangan dengan sabun dapat mengurangi risiko penyakit diare hingga lebih dari 40 persen.

Di sekolah, anak-anak kehilangan waktu untuk belajar ketika mereka sakit atau bahkan mungkin tidak ingin datang ke sekolah jika fasilitas masih rusak atau kurang terpelihara. Di sinilah dukungan Indomaret: Strategi UNICEF melihat bahwa pendekatan WASH haruslah secara holistik di sekolah-sekolah, menjamin ketersediaan air bersih, pemahaman, sikap dan perilaku masyarakat sekolah (Perilaku Hidup Bersih Sehat) adalah semua faktor penting. Sekolah-sekolah ini didukung dengan paket keseluruhan yang juga memasukkan keterlibatan masyarakat serta pedoman pelatihan dan implementasi.

“Kontribusi pelanggan Indomaret ini digunakan untuk program WASH bersama UNICEF. Selain untuk membangun fasilitas sanitasi, juga untuk mengedukasi anak-anak pentingnya menjaga kebersihan tangan. Indomaret akan terus mengadakan program kemanusiaan  serupa.” kata Wiwiek Yusuf, Marketing Director PT. Indomarco Prismatama.

Aspek penting lainnya dari program ini adalah ‘scaling up’ atau peningkatan strategi untuk memastikan bahwa program WASH yang sudah dengan baik berjalan di sekolah-sekolah terintegrasi juga ke dalam sistem pemerintahan, melalui advokasi dan peningkatan kapasitas pemerintah kabupaten inti. Akhirnya diharapkan bahwa proyek rintisan ini akan diperluas agar mampu mencakup semua sekolah di kabupaten tersebut.

"Tujuan keseluruhan adalah untuk memberikan bukti dasar (evidence base) bagi pemerintah daerah dan nasional bahwa dana yang kecil disertai dengan komitmen dapat membuat perbedaan besar" kata Dr. Aidan Cronin, kepala UNICEF Indonesia untuk program WASH. "Dari 120 sekolah, 36 sudah menyelesaikan Rencana Aksi Sekolah dan desain untuk fasilitas kelompok cuci tangan, termasuk kegiatan-kegiatan kebersihan terkait. Kegiatan disekolah-sekolah yang tersisa akan diselesaikan sebelum akhir 2016."

 

Indomaret telah kerja sama dengan UNICEF di Indonesia sejak tahun 2012. Sumbangan sebelumnya dialokasikan untuk program Kesehatan dan Gizi, serta program Pengembangan Anak Usia Dini. Toko-toko Indomaret mendukung kampanye UNICEF dengan menampilkan pesan-pesan mengenai Program terkait beserta informasi-informasi di layar TV mereka dan poster. Selanjutnya, kasir-kasir toko Indomaret mengajak pelanggan untuk menyumbangkan kembalian untuk UNICEF.
 

 

Facebook Twitter Google Digg Reddit LinkedIn Pinterest StumbleUpon Email

Copyrights © 2014 - 2017 Indomaret. All Rights Reserved

PT. Indomarco Prismatama


Kantor Pusat:
Jl. Terusan Angkasa B2
Kav-1. Gunung Sahari,
Kemayoran.
Jakarta 10610
Telp. (021) 29559100