Waktu

CALL CENTER 1500-580 SMS 0816500580

Indomaret Bina UMKM Cirebon

CIREBON – Agar mampu bersaing di tengah persaingan yang ketat, UMKM harus meningkatkan produktivitasnya  melalui pengembangan kreativitas dan inovasi terus menerus. Demikian benang merah yang mengemuka pada seminar bertajuk “Meningkatkan Produktivitas UMKM melalui inovasi dan kreativitas” di Ruang Nyi Mas Gandasari, Kantor Bupati Cirebon, Kamis (1/4).



Acara yang diadakan Indomaret bekerja sama dengan Carnation (Nestle) dan diikuti 150 UMKM dibuka oleh Sekda Kabupaten Cirebon, Drs. H. Dudung Mulyana yang sekaligus menyerahkan gerobak bantuan Indomaret kepada UMKM berprestasi.

Seminar UMKM dengan tema sama sebelumnya diadakan Indomaret di Sukabumi dan akan dilanjutkan di Makassar, Lombok, dan Samarinda serta kota-kota besar lainnya.



Meningkatkan produktivitas dengan menggali dan mengembangkan inovasi serta kreativitas menjadi perhatian Indomaret bersama Carnation sepanjang tahun 2015 ini dalam mengembangkan UMKM sebagai mitra usaha.

Para UMKM, sebagian di antaranya adalah pengusaha kecil yang berusaha di teras-teras Indomaret menjual makanan berbahan dasar susu kental manis seperti sop buah, jus, gemblong susu, pukis, roti bakar, dan martabak. Dengan mengikuti seminar ini diharapkan pelaku usaha UMKM dapat terus mempertajam kreativitas dan inovasi produknya.



Menurut Branch Manager Indomaret Cirebon, Bonny Indra, pelaku UMKM tidak hanya dibina untuk lebih kreatif dan inovatif, tetapi juga diedukasi  mengenai ketentuan menjual produk yang sehat, aman, dan dapat dinikmati semua kalangan. “Indomaret juga memberikan kiat- kiat bagaimana usaha UMKM dapat mengemas produknya sehingga dapat dijual di ritel modern, seperti Indomaret dan tidak kalah bersaing dengan produk lainnya,” tambahnya.

Semakin banyak pelaku usaha yang bermunculan, semakin ketat persaingan. Pelaku usaha pun dituntut memiliki daya saing, tidak hanya dari segi harga, tapi juga mutu dari produk yang dijual. Kreativitas dan inovasi tentu menjadi hal penting yang membuat produk berbeda dari yang lain, memiliki kekhasan, dan dapat dikonsumsi oleh semua kalangan dan aman.



Oleh karena itu, lanjut Bonny, pelaku UMKM tidak hanya dibina untuk lebih kreatif dan inovatif, tetapi juga diedukasi mengenai ketentuan  produk yang sehat, aman, dan dapat dinikmati semua kalangan. “Indomaret pun memberikan kiat-kiat bagaimana usaha UMKM dapat mengemas produknya sehingga dapat dijual di ritel modern, seperti Indomaret dan tidak kalah bersaing dengan produk lainnya,” tambahnya.

Acara ini juga dilengkapi dengan demo masak dari Carnation, yang memaparkan cara mengolah makanan secara mudah dan cepat. Pada kesempatan ini, mitra UMKM yang hadir diajak terlibat aktif dan memberikan masukannya.



Untuk memotivasi UMKM yang hadir, ditampilkan testimoni UMKM yang sukses berdagang di teras Indomaret, Ridwan yang telah memiliki 10 gerai di Indomaret dengan berjualan cappucino cincau. Seminar ini dihadiri oleh pejabat Dinas Koperasi dan UMKM Cirebon, Dinas Kesehatan Cirebon MUI Cirebon dan BPOM Jawa Barat.

Facebook Twitter Google Digg Reddit LinkedIn Pinterest StumbleUpon Email

Copyrights © 2014 - 2017 Indomaret. All Rights Reserved

PT. Indomarco Prismatama


Kantor Pusat:
Jl. Terusan Angkasa B2
Kav-1. Gunung Sahari,
Kemayoran.
Jakarta 10610
Telp. (021) 29559100