Waktu

CALL CENTER 1500-280 SMS 0811 1500 280

Indomaret Serahkan Rp 2,7 Miliar Untuk IT Center Penyandang Disabilitas

Dalam upaya mewujudkan Pusat IT bagi penyandang disabilitas, Indomaret menyerahkan donasi sebesar Rp 2.732.429.577 kepada Yayasan Pembinaan Anak Cacat (YPAC). Pusat IT ini mempersiapkan para remaja disabilitas memasuki  dunia kerja.

Dana tersebut diperoleh dari donasi pelanggan. Selama periode 2 Mei 2017 hingga 31 Juli 2017 Indomaret berhasil menghimpun donasi pelanggan sejumlah Rp 2.780.029.577. Sebanyak Rp 47.600.000 diserahkan ke YPAC Semarang untuk pengadaan alat musik terapi penyandang disabilitas. Donasi diserahkan Marketing Director PT. Indomarco Prismatama, Wiwiek Yusuf kepada Ketua Umum Yayasan Pembinaan Anak Cacat (YPAC) Farida Ratna Djuita dan Ketua YPAC Semarang, S. Murtiningsih Dimulyo, Jumat (27/10) di kantor YPAC Pusat, Kebayoran Baru, Jakarta.




Dalam era globalisasi, pelatihan IT bagi para penyandang disabilitas sangat diperlukan untuk membina mereka agar terus berkembang dan kelak dapat bekerja di perusahaan atau bekerja sendiri dari rumah. “Kami mengucapkan terima kasih kepada seluruh pelanggan Indomaret atas kemurahan hati mereka sehingga terkumpul dana yang sangat bermanfaat ini. Besar harapan kami ke depan kami dapat bekerja sama kembali dengan Indomaret untuk terus mendukung penyandang disabilitas”, ucap  Farida.

Pusat IT yang akan dibangun menjadi salah satu upaya meminimalisir kesenjangan antara potensi penyandang disabilitas dengan persyaratan minimum yang dibutuhkan  perusahaan. Sekaligus ini merupakan solusi bagi penyandang disabilitas untuk membuka lapangan kerja sendiri lewat  kemampuannya dalam bidang IT.

Wiwiek Yusuf mengapresiasi langkah YPAC yang jauh ke depan mengembangkan Pusat IT. Hal ini sejalan dengan bisnis ritel Indomaret yang tergantung dengan perkembangan IT. Tidak menutup kemungkinan di masa yang akan datang penyandang disabilitas yang sudah mendapat pelatihan Pusat IT YPAC dapat berkembang pula di Indomaret sehingga kerja sama Indomaret dengan YPAC tidak hanya dalam kegiatan sosial melainkan dalam kegiatan lainnya. Indomaret akan terus melakukan inovasi dalam pengumpulan donasi yang mulai berkembang dengan pembayaran secara non tunai.

Kerja sama antara Indomaret dan YPAC ini adalah yang kedua. Tahun 2014 Indomaret melalui pelanggan setianya telah memberikan donasi sebesar Rp 4,2 M untuk pembangunan sekolah Mitra Ananda bagi anak Autis di Colomadu Kabupaten Karang Anyar Jawa Tengah.

Konsumen berdonasi melalui 3 cara yaitu menyumbang dari uang kembalian, menambahkan jumlah dari uang kembalian dan menyumbang tanpa berbelanja. Donasi ini dilakukan secara sukarela. Kasir menawarkan dan setelah disetujui konsumen kemudian mencetak jumlah donasi di struk.

Pengumpulan donasi pelanggan Indomaret dilakukan dengan izin dari Kementerian Sosial (Kemensos). Menurut Kasubdit Perizinan dan Pengumpulan Barang Kemensos, Srimikkha, Indomaret merupakan ritel yang sangat taat pada perizinan yang dikeluarkan oleh Kemensos. Kegiatan donasi Indomaret baru akan dilakukan saat izin dari Kemensos sudah ada. “Hal ini sangatlah baik menurut kami dan Indomaret dapat menjadi contoh untuk ritel lainnya”.

Indomaret rutin mengadakan program kemanusiaan dengan melibatkan konsumen berdonasi. Selain dengan YPAC, Indomaret telah bekerja sama dengan UNICEF, Yayasan Kanker Indonesia, Yayasan Anyo Indonesia, Palang Merah Indonesia, dan lembaga-lembaga lainnya.

Dalam acara penyerahan donasi ini juga dilakukan pemberian sertifikat IT Training dari mitra donor YPAC, Korean Society for the Rehabilitation of Persons with Disabilities (KSRPD) kepada 6 penyandang disabilitas berprestasi untuk tingkat basic dan intermediate.

Facebook Twitter Google Digg Reddit LinkedIn Pinterest StumbleUpon Email

Copyrights © 2014 - 2017 Indomaret. All Rights Reserved

PT. Indomarco Prismatama


Kantor Pusat:
Jl. Terusan Angkasa B2
Kav-1. Gunung Sahari,
Kemayoran.
Jakarta 10610
Telp. (021) 29559100