Waktu

CALL CENTER 1500-280 SMS 0811 1500 280

Indomaret Serahkan Rp 4,2 Miliar untuk Anak Disabilitas

Untuk membantu pembinaan anak-anak penyandang autis dan berkebutuhan khusus (disabilitas), Indomaret menyerahkan dana sebesar Rp 4.203.897.430. Dana dari hasil donasi pelanggan Indomaret periode 1 Januari - 21 April 2015 diserahkan Marketing Director PT. Indomarco Prismatama, Wiwiek Yusuf kepada Ketua Umum Yayasan Pembinaan Anak Cacat (YPAC), Imbari Kusuma Sembada di Kantor YPAC Pusat, Jalan Hang Jebat, Kebayoran Baru, Jakarta, Rabu (8/7).

Seluruh dana tersebut digunakan untuk pembangunan gedung laboratorium dan pengembangan Sekolah Autis Mitra Ananda di area Pusat Pengembangan dan Pelatihan Rehabilitasi Bersumberdaya Masyarakat (PPRBM) di Colomadu, Kabupaten Karanganyar, Surakarta serta 1 unit kendaraan operasional untuk anak-anak disabilitas bersosialisasi di luar sekolah.

“Kami mengucapkan terima kasih dan penghargaan yang setinggi-tingginya kepada pimpinan Indomaret dan pelanggan Indomaret sehingga kami mampu menjawab tantangan kebutuhan anak-anak penyandang autis di Indonesia dengan membangun sekolah laboratorium autis”, ucap Imbari Kusuma Sembada.
Penyerahan sumbangan dihadiri Dirjen Perlindungan dan Jaminan Sosial Kementerian Sosial, Andi Zaenal Abidin Dulung dan 50 pelanggan Indomaret Jabotabek yang aktif berdonasi untuk anak-anak disabilitas dan program peduli kemanusiaan Indomaret lainnya.

Pengumpulan donasi pelanggan dilakukan dengan 3 cara yaitu pelanggan menyumbang dari uang kembalian, menambahkan jumlah uang kembalian dan menyumbang tanpa harus belanja. Nilai sumbangan akan tercetak di struk belanja. Sumbangan bersifat suka rela dan melalui penawaran dari kasir.

Pengumpulan donasi disertai perizinan dari Kementerian Sosial. “Tujuannya adalah memperoleh kesetiakawanan sosial. Jika kepercayaan masyarakat terbentuk, maka masyarakat menjadi yakin terhadap program donasi dan dananya dapat dipertanggungjawabkan,” kata Andi Zaenal Abidin Dulung.



Wiwiek Yusuf mengatakan, kerja sama dengan dengan YPAC ini adalah program peduli kemanusiaan Indomaret ke-11 yang melibatkan langsung konsumen melalui uang kembalian. Sebelumnya Indomaret bekerja sama dengan PMI, UNICEF, Yayasan Kanker Indonesia dan lembaga kredibel lainnya. Pelanggan Indomaret selain setia ke Indomaret juga budiman dan murah hati kepada orang-oaang yang membutuhkan uluran bantuan mereka. Diharapkan, donasi pelanggan Indomaret ini membantu YPAC memberdayakan anak-anak disabilitas dan tidak tertutup kemungkinan hasil karya kaum difabel dipasarkan di Indomaret.

Saat ini lebih dari 3.000 anak berkebutuhan khusus dibina YPAC. Semua jenis disabilitas, kecuali disabilitas penglihatan diterima YPAC. Adanya tuntutan kebutuhan masyarakat, YPAC juga menangani penyandang autis. Jumlah anak penyandang autis yang dilayani sejak tahun 2005 terus meningkat dan membutuhkan ruang belajar yang lebih luas. Ruang-ruang sekolah Mitra Ananda di Karang Anyar sangat terbatas, sehingga banyak permintaan para orang tua anak-anak autis, terutama yang berasal dari luar kota tidak bisa dipenuhi.

Mengutip data PBB 2010, Imbari menyebutkan 1 dari 150 anak di dunia menyandang autis. Sedangkan di Indonesia anak disabilitas mencapai 2,25 % dari total anak namun belum diketahui berapa jumlah anak autisnya.

Oleh karena itu menurut Imbari, YPAC Nasional perlu memperdalam penanganan dan menyiapkan sarana bagi anak-anak autis. Dalam program kerja 2015 YPAC Nasional memasukkan pembangunan Laboratorium Sekolah Autis dengan harapan dapat menjadi rujukan YPAC Daerah dan masyarakat yang membutuhkan. “Dan kami sangat bersyukur Indomaret mengulurkan bantuan,” kata Imbari.

Gedung sekolah autis berdiri dengan luas bangunan sekitar 1000 m². Sekolah dilengkapi ruang belajar, beragam ruang terapi seperti ruang terapi sosiomotorik, terapi snoozoolen, hydro terapi, dan alat-alat penunjang lainnya.

Dengan adanya donasi pelanggan Indomaret, Sekolah Autis Mitra Ananda kini dapat menambah kapasitasnya. Peletakan batu pertama Laboratorium Sekolah Autis Mitra Ananda dilakukan pada Juni lalu dan dijadwalkan selesai pada pertengahan November 2015.

Pada serah terima bantuan, YPAC memberikan penghargaan kepada 3 Cabang Indomaret yang berhasil mengimpun dana terbanyak yaitu Indomaret Cirebon, Bogor, dan Gresik.

Facebook Twitter Google Digg Reddit LinkedIn Pinterest StumbleUpon Email

Copyrights © 2014 - 2017 Indomaret. All Rights Reserved

PT. Indomarco Prismatama


Kantor Pusat:
Jl. Terusan Angkasa B2
Kav-1. Gunung Sahari,
Kemayoran.
Jakarta 10610
Telp. (021) 29559100