Hingga 2009, 105 Outlet Indomaret akan dibuka di Medan

Hingga akhir tahun 2009, PT. Indomarco Prismatama menargetkan membuka outlet Indomaret di Medan dan sekitarnya sebanyak 105 outlet. Dan, sampai dengan 11 September 2009 jumlah outlet yang telah beroperasi sebanyak 75 outlet.

“Kami masih membuka peluang bagi siapa saja yang ingin bergabung dengan Indomaret,” kata General Affair Manager PT. Indomarco Prismatama Djoko Surojo kepada Medan Bisnis, Jumat ( 11/9 ) usai acara Penyerahan Bea Siswa Indomaret kepada 1.300 Siswa SD Tahun Ajaran 2009-2010 di SD Negeri No.101788 Marindal I Kecamatan Deli-Serdang.

Sejauh kata Djoko, 75 outlet Indomaret yang telah beroperasi masih berada di sekitaran Medan, Deli-Serdang dan Kota Binjai. “ Jadi, kesempatan masih terbuka lebar bagi siapa saja yang mau memiliki Indomaret di Sumatera Utara. Dan, seajuh ini outlet yang paling jauh lokasinya berada di Galang dan Lubuk Pakam. Sedangkan di luar wilayah itu seperti Tebing Tinggi dan Siantar belum ada,”katanya lagi.

Djoko yang saat itu didampingi Development Manager PT. Indomarco Prismatama Dharma Brata mengatakan untuk investasi dana yang dibutuhkan sekitar Rp 300 juta di luar property (gedung).” Semua produk dan management akan dikelola oleh Indomaret termasuk sumber daya manusianya (SDM) sementara si pemilik tinggal menerima bersih keuntungan yang diperoleh,” ujarnya.

Disebutkannya, bisnis waralaba yang ditawarkan Indomaret memiliki prospek yang cukup besar mengingat keuntungan yang diperoleh lumayan baik. Apalagi, dari hasil hitung-hitungan yang mereka lakukan selama ini, investasi yang ditanamkan akan kembali dalam kurun waktu 40 bulan atau sekitar 3,5 tahun.

“Dari perkembangan yang kami ikuti selama ini, tingkat kegagalan dalam arti merugi sangat kecil dialami si pemilik modal. Dan, Indomaret berani mengambil alih bila outlet yang dibuka itu tidak berkembang atau maju,”tambah Dharma Brata.

Beasiswa

Mengenai penyerahan bea siswa bagi siswa SD yang berprestasi dan tidak mampu, Djoko mengatakan, kegiatan ini merupakan agenda tetap dari Indomaret terhadap lingkungan sekitar usahanya. Di samping membantu menyukseskan program pemerintah yakni pemberian dana bantuan operasional sekolah (BOS).

Secara nasional, beasiswa yang diberikan untuk tahun ajaran 2009-2010 sebanyak 1.300 siswa tepatnya dari 13 cabang Indomaret di seluruh Indonesia, yakni Jakarta, Cimanggis, Parung, Tangerang, Bekasi, Bandung, Surabaya, Jember, Semarang, Yogyakarta, Lampung, Medan, dan Malang.

Untuk cabang Medan jumlah siswa yang memperoleh bea siswa sebanyak 300 siswa dari 20 sekolah dasar yang ada di Medan dan sekitarnya. ”Masing-masing siswa mendapat uang tunai sebesar Rp 300 ribu ditambah paket berupa peralatan sekolah. Penyerahan bea siswa di SD No.101788 Marindal 1 Kecamatan Patumbak, Kabupaten Deli-Serdang ini merupakan kegiatan pertama untuk tahun 2009 dan kegiatan kedua sejak Indomaret cabang Medan dibuka Juli 2008 lalu,” kata Djoko sembari menambahkan jumlah siswa yang memperoleh sebanyak 5 orang untuk tiap sekolah kecuali SD No. 101788 Marindal I sebanyak 10 siswa. (Medan Bisnis, 14 September 2009)